Rabu, 25 Januari 2012

HOMOHUMANUS

Setelah mengetahui apa itu ISBD, para sarjana diharapkan dapat membentuk pribadi yang homohumanus. Homohumanus ialah manusia yang berbudaya dan berperilaku halus. Berbudaya maksudnya adalah setiap perilakunya dituntun oleh akal budi sehingga mendatangkan kebahagiaan bagi dirinya dan lingkungan serta tidak bertentangan dengan kehendak Alloh. Halus maksudnya kehalusan bertingkah laku, perbuatan lemah lembut, sopan santun, budi bahasa dan beradab (akhlakul karimah). Selain itu, manusia yang homohumanus juga bersifat manusiawi, yaitu sikap yang menghargai manusia sebagai makhluk yang memiliki martabat tinggi dengan segala hak-haknya (harus diperlakukan sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan/sesuai dengan fitrahnya sebagai makhluk tuhan).
Setelah mengetahui, maka hendaknya dimengerti dan dipahami serta yakini bahwa ISBD itu penting untuk dipelajari oleh para mahasiswa, kemudian amalkan apa yang  ia dapat dari mata kuliah tersebut (konsep 5M).
Selain itu, para sarjana juga diharapkan memiliki tiga jenis kemampuan yaitu:
1.       Kemampuan personal/personality (kemampuan kepribadian) yaitu memiliki pengetahuan sehingga  mampu menunjukan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia, memahami dan mengenal nilai-nilai agama, kemasyarakatan dan kenegaraan.
2.       Kemampuan akademik, yaitu kemampuan komunikasi ilmiah, lisan dan tulisan, berfikir logis, kritis, sistematik analitik.
3.       Kemampuan professional, yaitu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar